Selamat Datang di Blog Saya

Jumat, 19 Oktober 2012

lempeng tektonik asal usul samudera


Lempeng tektonik dan asal-usul samudra

A. pengeboran laut dalam

Pada tahun 1960. ilmuwan amerika melakukan. proyek mohole untuk mendapatkan sampel inti dari mantel di bawah laut. Proyek ini didukung oleh fondasi sains nasional. Tongkang yang dirancang untuk laut dalam pengeboran, dilengkapi dengan pengeboran besar. Dalam percobaan 10 mengebor air dari lubang di sandiego dan pulau guadapule di lepas pantai barat dari meksiko. Latihan yang menembus dasar laut 150 meter. Proyek Mohole menghasilkan informasi dan ide-ide berguna  dalam memajukan teknologi laut dalam. pada tahun 1968 Pengeboran laut dalam proyek (DSDP). Didanai oleh NSF, dilakukan oleh Lembaga Oseanografi Scripps.

Selama proyek pengeboran laut kelautan dikumpulkan informasi dalam jumlah besar di lantai samudera, gravitasi dan medan magnet, aliran panas, dan komposisi terpenting laut. hasil proyek adalah konfirmasi dari pergeseran benua, dari dasar laut yang cooceptualization menyebar, dan perumusan teori lempeng tektonik. Semua ini memiliki bantalan besar tentang asal-usul dan evolusi cekungan laut.

Pergeseran benua

Benua Amerika selatan, africa, antartika, australia, dan India pernah bergabung dalam satu daratan dan lautan Basins. di buku klasik ini, Wegener menyatakan bahwa semua benua pernah  manjadi bagian dari sebuah benua pangaea dalam waktu geologi berikutnya Pangaea terpecah menjadi dua raksasa benua yang dipisahkan oleh laut tetinas kuno. benua utara melewati laures ancom dan Eurasia Amerika utara dan benua soutthem terdiri dari benua Gondrana sebelum terpecah membentuk benua modern menurut kontemporer pergeseran benua pertama pecahnya parigaea mulai 200 juta tahun yang  kedua sekitar 135 juta tahun yang lalu

B. paleomagnetik

Paleomagnetik studi ilmu yang mempelajari berbagai macam pusat magnet bumi terekam dalam batuan. variasi medan magnet bumi sebagai perekam di batuan kuno setelah cairan kaya zat besi seperti lava basaltik., Misalnya muncul di dasar laut, partikel-partikel besi menjadi magnet: yaitu, atom besi berorientasi pada arah magnetik bumi orientasi atom tersebut juga terjadi ketika partikel kaya besi menetap dalam air, dalam beberapa tahun terakhir, penelitian intensif di paleomagnetism telah menunjukkan bahwa medan magnet bumi telah terbalik beberapa kali di masa lalu dan masa geologi yang posisi kutub tampaknya telah bergeser dalam hubungan dengan benua. dan karenanya sekarang berdiri di posisi yang berbeda sehubungan dengan kutub. Sampel studi Paleomagnetic dikumpulkan dari asia dan eropa utara menunjukkan bahwa kedua benua dahulu bergabung bersama-sama. Dating Paleomagnetic dan radioaktif studi di brasil dan gabon. Africa Barat, telah menunjukkan bahwa sampel batu dari lokasi ini hampir identik dalam komposisi, struktur geologi, dan usia, menunjukkan bahwa africa dan america selatan juga pernah bergabung bersama-sama
.
C. polar wandering( pengembaraan kutub)

Studi Paleomagnetic batu dari berbagai usia telah menunjukkan bahwa posisi kutub magnetik bergeser beberapa kali dalam geologi dan menghasilkan konsep perpindahan kutub.polar mengembara adalah keliru, karena itu tidak berarti pergeseran kutub tetap, tetapi benua dan lautan di bawah kemudian harus dipindahkan, mobilitas kerak bumi di daratan dan lautan yang lain dari yang lambat akibat pergeseran litosfer padat atau slip pada lapisan plastik astenosfer di bawahnya akibatnya, tanah dan laut mengubah posisi dalam hubungannya dengan kutub.

D. luas dasar laut

Pada awal tahun 1960 konsep dasar laut menyebarkan diusulkan untuk menawarkan penjelasan yang memuaskan bagi gerakan benua. Menurut hipotesis ini. Seluruh dasar laut digerakkan oleh arus konveksi di mantel.Bergerak sepanjang dasar laut samudra pertengahan punggung, dalam arah berlawanan dari kedua sisinya.

 dapat ditarik kesimpulan bahwa material vulkanik yang keluar dari pusat bumi mengalir dan bermanfaat pada sisi lain sebagai lava baru yang keluar di bawah tekanan lava lama yang telah retak saat pendinginan lava magnetic.maka tertahan oleh kumpulan batuan magnet bumi, semua magnet yang telah teranalisis di tempati oleh radioaktife,pembulatan dari umur contoh yang di dapat dari sisi lain kutup atlantik.radioaktife yang bertemu di tunjukan oleh luas dasar laut yang merupakan tempat yang rata-rata 1,5 cm per tahun dan membenarkan bahwa dasar laut benar-benar bergerak,pendapat bahwa sisi lain dari benua


E. Plate Tectonics (lempeng tektonik)

Teori modern lempeng tektonik global menganggap bahwa kerak bumi ini dibagi menjadi beberapa segmen lempeng yang lebih besar dan kecil. lempeng yang lebih dari 150 kilometer tebal dan menempati sebagian besar dari kerak bumi dan bagian teratas mantel. Lempeng merupakan litosfer. Litosfer adalah relatif naik di lapisan lembut astenosfer, ada dengan menyebabkan kegiatan gempa. lempeng utama diidentifikasi dan diberi nama tokoh mereka geografis daratan; Eurasia, america, africa, Pasific, India, dan Antartic.

Lempeng Eurasia termasuk di benua eropa dan asia dan mereka perangkat daerah terendam. Lempeng american termasuk america utara dan selatan dan barat setengah dari lempeng ocean.african atlantic terdiri dari entireb benua africa, timur setengah dari samudera atlantik, dan bagian barat samudera hindia. Yang lempeng Pasific didominasi kelautan. Lempeng Indian yang menempati sebagian besar benua ocean, dan Australia Barat. Antartic piring yang menempati sebagian besar antartika benua dan laut antartika.


Kesimpulan dari teory aliran tectonic, adalah teory (1)samudra baru yang relative muda (kurang dari 200 juta tahun).(2)dasar samudra telah sudah ada melalui proses peluasan dasar samudra (3)interaksi antara lapisan tanah menonjolnya restiagelogi seperti pegunungan lingkungan pulau(4) dasar samudra dan benua yang bergerak.


RINGKASAN

A.    Geologi kelautan mencakup studi tentang berbagai aspek struktur dan cekungan laut termasuk studi mengenai interior bumi, pergeseran benua, dari Sebaran dasar laut, dan kutub berkeliaran. Lempeng tektonik dan paleomagnetism adalah cabang dari geologi oseanografi.

B.     hipotesis pergeseran benua itu menggoda diusulkan oleh Alfred Wegener. Menurut dia, semua benua joinedinto satu daratan yang disebut Pangea pecah menjadi dua benua Laurasia dan Gondwana, yang dipisahkan oleh laut Tethys kuno.

C.     konsep dasar laut menyebarkan berhubungan dengan menggenang bahan segar di kedua sisi midoceanic punggungan.

D.    lempeng tektonik berpendapat bahwa kerak bumi dan mantel luar yang besar dan kecil brokeninto segmen piring. Pelat ini dapat berbenturan dengan satu sama lain atau melewati satu sama lain. Saling interaksi di antara lempeng menghasilkan gempa bumi ikat pinggang, pegunungan, lautan parit, dan punggung.

E.     magnetisme paleomagnetismis fosil bantalan besi-batuan, terutama basal. Segera setelah munculnya lava kaya besi di permukaan, partikel besi menjadi magnet. Orientasi atom tersebut juga terjadi ketika partikel kaya zat besi menetap di air.

F.      Polar mengembara mengacu pada hanyut dari benua dan lantai lautan yang tidak terlihat mengubah posisi mereka sepanjang waktu.

G.    Ocean baskom berasal dan kemudian melebar sepanjang sumbu dari midoceanic pegunungan. Perluasan cekungan disebabkan oleh arus konveksi upwelling yang dihasilkan oleh bumi radioactivityin interior

H.    Berdasarkan pada umumnya keadaan gelisah piring dan penyebaran yang relatif cepat dari dasar laut, kita dapat berpendapat bahwa lautan memiliki banyak formedand menghilang timesin geologi bumi sejarah.

I.       Masa Depan samudera dalam pembuatan diidentifikasi di teluk aden, laut merah, dan dekat san andreas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar